1.Apa yang dimaksud dengan pemasaran?
Jawab : Pemasaran adalah suatu kegiatan penting yang
dilakukan oleh suatu perusahaan guna menawarkan menjual atau menukar suatu
produk , barang , jasa atau gagasan kepada konsumen demi mencapai suatu
keuntungan bagi perusahaan dan kepuasan bagi konsumennya.
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran menurut para ahli, diantaranya adalah :
*Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah
kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui
proses pertukaran.*Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
*Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
*Paul Smith, Chris Berry, dan Alan Rufold
Pemasaran adalah suatu hubungan sistematis antara sebuah bisnis dan pasarnya, dimensi pelaku pasar memasang beberapa ide-ide yang luas, desain-desain, pesan-pesan, media, potongan-potongan, bentukbentuk dan warna-warna, keduanya untuk mengkomunikasikan ide-ide dan untuk merangsang persepsi khusus tentang produk dan layanan-layanan oleh individual masyarakat yang telah dikumpulkan atau disatukan dalam sebuah target pasar.
2. Mengapa pemasaran sering disebut sebagai permintaan ?
Jawab : Pemasaran sering disebut permintaan karena suatu
kegiatan pemasaran terjadi dengan adanya permintaan-permintaan dari konsumen
, keinginan konsumen untuk mendapatkan
barang yang diminta dan dimana konsumen mempunyai daya beli untuk
mendapatkannya ini disebut dengan
permintaan.Hal ini merupakan aspek terpenting dari pemasaran yaitu untuk
memperoleh permintaan dari konsumen sehingga terjadinya transaksi diantara
konsumen dan perusahaan itu sendiri .
3. Jelaskan apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan
konsep inti pemasaran?
Jawab : Dasar pemikiran pemasaran berawal dari kebutuhan dan
keinginan manusia. Manusia membutuhkan makanan, udara, air, pakaian, dan tempat
berlindung untuk bertahan hidup. Lebih dari itu manusia menginginkan rekreasi,
pendidikan dan jasa-jasa lainnya. Mereka memiliki preferensi yang kuat atas
jenis dan merek tertentu dari barang dan jasa.Adalah penting untuk membedakan
kebutuhan dan keinginan.
Kebutuhan manusia (human needs) adalah
ketidakberadaan beberapa pemuas dasar. Manusia membutuhkan makanan, pakaian,
tempat berlindung, keamanan, hak milik dan harga diri. Kebutuhan ini tidak
diciptakan oleh masyarakat atau pemasar. Mereka merupakan hakikat biologis dan
kondisi manusia.
Keinginan (wants) adalah hasrat
akan pemuas kebutuhan yang spesifik. Orang daerah perkotaan membutuhkan makanan
dan menginginkan hamburger, kentang goreng, dan minuman berkarbonisasi. Dalam
masyarakat lain kebutuhan ini mungkin dipenuhi dengan cara lain. Seorang yang
lapar di daerah pedesaan mungkin menginginkan nasi, buah-buahan, dan kacang.
Meskipun kebutuhan manusia sedikit, keinginan mereka banyak. Keinginan manusia
terus dibentuk dan diperbaharui sejalan dengan perkembangan jaman.
Referensi :
http://belajarserbaneka.blogspot.com/2012/11/konsep-inti-pemasaran.html
http://zaki-adverthink.blogspot.com/2013/02/pengertian-pemasaran-menurut-beberapa.html
http://www.pustakasekolah.com/pengertian-pemasaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar