Struktur organisasi ,susunan pengurus dan Pengawas tahun buku 2013 s.d. 2017 KSP CU MAWAR KUSUMA adalah sebagai berikut :
Pengurus:
Ketua Umum : Justina Mariaty Kadiman
Ketua I (Bidang Usaha) : Veronica Esta Napiun
Ketua II (Bidang Pendidikan) : Barsiah Tibin
Seketaris : Theresia Puji Rahayu
Bendahara : N.V. Tuti Daryatmi
Pengawas:
Ketua : Maria Goretti Wijiyem
Sekretaris : Fr.R.Marsini
Anggota : Veronica Heidy Estelita
Manajemen:
Manajer : Th.Sukarni
Kasir : MA.Susilawati D.
Karyawan : Paulina Yustina Weto
Komisaris / Ketua Kelompok:
1. Kelompok Anggrek : MG.Wijiyem
2. Kelompok Asoka : MA. Susilawati D.
3. Kelompok Aster : I. Sri Sudarmi
4. Kelompok Amarilis : Y.Rosita
5. Kelompok Alamanda : Anastasia Mujini
6. Kelompok Bakung : Rg. Endang Sri H.
7. Kelompok Bougenville : Tatiana D.
8. Kelompok Cempaka : Heidy Veronica
9. Kelompok Dahlia : Sri Wahyuni
10. Kelompok Edelweis : F.Ch.Rina Indri
11. Kelompok Flamboyan : MB. Evi
12. Kelompok Gladiol : L. Murtini
13. Kelompok Kenanga : E.Sri Astuti
14. Kelompok Krissan : Th.Sukarni
15. Kelompok Lili : MF. Mulyati
16. Kelompok Menur : Ch. Misih P.
17. Kelompok Matahari : MF. Triwahyuni
18. Kelompok Melati : Johana Triyani N.
19. Kelompok Seruni : Barsiah Tibin
20. Kelompok Sakura : V.Tuti D.
21. Kelompok Teratai : Y.Satini
22. Kelompok Tulip : Anastasia P.
KEGIATAN ORGANISASI
v Sebagai anggota Silang Pinjam Daerah (SPD) Puskopdit Jakarta No. BA : 075 , selalu mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Puskopdit Jakarta.
v Melaksanakan Rapat Anggota XXVII Tahun Buku 2012
v Mengadakan rapat rutin intern Pengurus, Pengawas , dan Manajemen.
v Kunjungan ke kelompok atau anggota bermasalah.
v Buka kantor pelayanan Senin s/d Jumat dari pukul 09.00 s/d 17.00 WIB
v Hari Sabtu pertama dan terakhir pukul 09.00 s/d. 12.00 WIB
v Hari Minggu dan hari besar tutup.
Kegiatan Internal & Eksternal :
Internal:
1. Melasanakan rapat pengurus dan pengawas dan ketua kelompok sebanyak 3 kali
2. Tanggal 22 & 29 September 2013 , Pendidikan Dasar Koperasi Kredit yang diikuti peserta sebanyak 38 anggota bertempat di Sekolah SD Strada Kampung Sawah.
3. Tanggal 05 November 2013 , Rapat Anggota Khusus, Pengurus , Pengawas , Manajemen , Ketua Kelompok sebagai perwakilan anggota tentang Perubahan Anggaran Dasar KSP CU Mawar Kusuma dihadiri Nara Sumber dari Dunas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Bekasi (DISPERINDAGKOP).
Eksternal:
1. Tanggal 25 s/d 28 April 2013, RAT PUSKOPDIT JAKARTA XXX Tahun Buku 2012 di Hotel Matahari Jl.Paran Tritis Jogjakarta : Ibu Justina Mariaty K, Ibu Heidy Veronica E, Ibu MA Susilawati , Ibu Paulina Y.Weto, dan Ibu Theresia Sukarni.
2. Tanggal: 19 Mei 2013, Pengurus, Pengawas , Manajemen , dan perwakilan Anggota menghadiri Workshop , Wira Usaha & Koperasi yang diadakan Panitia ANP Gereja Santo Servatius Kampung Sawah -> Tentang Manajemen Keuangan Warung/Usaha dan Keperluan Dapur/Rumah Tangga .
3. Tanggal 24 Juni 2013 , Ibu Karni & Ibu Susi menghadari Family Gathering yang diselenggarakan oleh Kopdit Budi Asih di Taman Margasatwa Ragunan.
4. Tanggal 13 Juli 2013 , Ibu MG Wiji, Ibu Barsiah Tibin , dan Ibu Puji Rahayu , menghadiri Pertemuan Forum Pengurus Pengawas di Gedung LPPM Manajemen Jl. Menteng Raya No.15 Jakarta Pusat.
5. Tanggal 31 Agustus 2013 ,Ibu Esta dan Ibu Heidy menghadiri undangan Sosialisasi Aspek Legalitas Kopdit sesuai UU No: 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian oleh Puskopdit Jakarta dengan Nara Sumber Kantor Kementrian Koperasi di ruang Meeting lantai 6 sekolah Tarsisius Jl.KH Hasyim Ashari No.26 Jakarta Pusat.
6. Tanggal 01 Desember 2013, Ibu Esta dan Ibu Puji Rahayu menghadiri RAPB Puskopdit Jakarta 2014 di Gedung LPPM Manajemen Jl. Menteng Raya No.15 Jakarta Pusat.
KEANGGOTAAN KSP CU MAWAR KUSUMA
Ø Jumlah anggota akhir tahun 2012 : 1147 orang
Ø Jumlah anggota masuk tahun 2013 : 204 orang
Ø Jumlah anggota keluar tahun 2013 : 88 orang
Ø Jumlah anggota akhir tahun 2013 : 1263 orang
PENINGKATAN : 116 orang >> 10.11 %
Keterangan:
Anggota keluar dengan berbagai alasan dan masalah antara lain:
Ø 2 (dua) orang anggota meninggal dunia
Ø Karena pinjaman macet
Ø Pindah ke luar kota
Ø Mutasi Kelompok
BIDANG USAHA / KEUANGAN
1. Simpanan Anggota
· Total Simpanan (Saham dan Non Saham), dari Rp.8.150.045.600,- menjadi Rp.9.728.305.700,- -> pertumbuhan Rp.1.578.260.100,- -> 19,36%
· Simpanan Saham (Member Share Capital) = Simpanan Pokok + Simpanan Wajib + Simpanan Kapitalisasi , dari Rp. 4.187.650.000,- menjadi Rp. 5.436.610.000,- -> pertumbuhan Rp.1.248.960.000,- -> 29,82%
· Simpanan Non Saham (Saving Deposit) = Sibuhar + Sikhujang + Simpanan JHT dari Rp.3.962.395.600,- menjadi Rp.4.292.695.700,- -> pertumbuhan Rp.330.300.100,- ->8,33%
2. Pinjaman Anggota
· Pencarian Pinjaman baru meningkat dari Rp.5.921.971.100,- menjadi Rp.7.827.810.000,- -> pertumbuhan Rp.1.905.838.900,- ->32,18%
· Saldo Pinjaman beredar dari Rp. 5.302.878.900,- menjadi Rp.6.454.914.500,- -> naik Rp.1.152.035.600,- -> 21,72%
3.Pendapatan Usaha
· Pendapatan usaha pokok dan usaha pinjaman (Loans Income) dari Rp.1.316.596.600,- menjadi Rp.1.710.178.500,- -> pertumbuhan Rp.393.581.900,- -> 29,89%
· Pendapatan lain-lain bukan drai pinjaman (Other Incomes) dari Rp.178.273.434,- menjadi Rp.272.292.188,- -> pertumbuhan Rp.94.018.754,- -> 52,73%
· Total pendapatan meningkat dari Rp.1.494.870.034,- menjadi Rp.1.982.470.688,- -> pertumbuhan Rp.487.600.654,- -> 32,61%
4.Beban / Biaya Usaha
· Beban Biaya / Dana (Cost of Funds) dari Rp.899.157.275,- menjadi Rp.1.121.377.217,- -> pertumbuhan Rp. 222.219.942,- -> 24,71%
· Biaya Organsasi/Lembaga (Institutional Expenses) dari Rp.328.985.648,- menjadi Rp.373.168.303,- -> pertumbuhan Rp.44.182.655,- -> 13,42%
· Total Beban Biaya dari Rp.186.134.200,- menjadi Rp.212.466.000,- -> pertumbuhan Rp.26.331.800,- -> 14,14%
5.Surplus Hasil Usaha (SHU)
· SHU kotor dari Rp.80.801.086,- menjadi Rp.127.510.147,- -> pertumbuhan Rp.46.709.061,- -> 57,81%
6.Kekayaan (Asset)
· Total Asset dari Rp.9.881.387.703,- menjadi Rp.12.012.761.888,- -> pertumbuhan Rp.2.131.374.185,- -> 21,56%
· Kekayaan bersih (Total Ekuitas) dari Rp.5.062.714.352,- menjadi Rp.6.680.000.210,- -> pertumbuhan Rp.1.617.285.858,- -> 31,94%
· Modal Lembaga (Cadangan Umum dan Cadangan Risiko) dari Rp.794.471.440,- menjadi Rp.968.931.043,- -> pertumbuhan Rp.174.459.603,- -> 21,95%
PEMBAGIAN SURPLUS HASIL USAHA
Surplus Hasil Usaha -> Total Pendapatan Kotor-Total Beban Biaya -> Rp.127.510.147
Alokasi Dana SHU -> 1.Untuk Dana Cadangan Umum 25% Rp. 31.877.537
2.Untuk Dana Cadangan Resiko 10% Rp. 12.751.015
3.Untuk Dana Pendidikan & Sosial 10% Rp. 12.751.015
4.Untuk Dana Kesejahteraan Karyawan 5% Rp. 6.375.507
5.Untuk Balas Jasa Anggota 40% Rp. 51.004.059
Rp.127.510.147
Balas Jasa Anggota memperoleh tambahan dari yang sudah disisihkan setiap bulan Rp.797.291.699
Sehingga yangdibagi untuk anggota totalnya menjadi Rp.848.295.758
Alokasi untuk BJA (Balas Jasa Anggota) dibagi BJS (Balas Jasa Saham) = 85% Rp.721.051.394
Dan BJP (Balas Jasa Pinjaman) = 15% Rp.127.244.364
Total Bulan Saham Anggota 5.577.846
1 Unit Bulan Saham = 721,051,394 : 5,577,846 = 129,2705812
Nilai DIVIDEN dalam satu tahun = 15,51%
Nilai simpanan Saham Anggota memperoleh Nilai Tambah sebesar 15,51% di tahun 2013
Sisa pembulatan bagian anggota sebesar Rp 457.605 dimasukkan ke Pos Dana Cadangan Umum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar