Mc.Donald
Latar
Belakang Berdirinya Mc donalds
Mc
donald’s pertama kali didirikan pada tahun 1937 oleh Richard & Maurice di
Pasadena. Pertama kalinya restoran Mc donald’s masih memakai konsep Drive In,
konsep ini terkenal pada saat itu. Mc donald’s memiliki logo yang berbentuk
huruf M dan berwarna kuning. Logo ini dibuat agar lebih diingat oleh pengunjung
dikarenakan simple dan mudah diingat. Logo ini bernama The Golden Arch.
Banyakya kesulitan yang dihadapi saat memiliki konsep drive in maka pada tahun
1955, inilah tahun pertama Mc donald’s menggunakan konsep Fast Food.
Restoran
ini menerapkan sistem waralaba dimana sudah memiliki perjanjian-perjanjian yang
mendetail dan didistribusikan penjualannya secara langsung, jadi setiap toko
memiliki produk yang dijual sama. Selain itu Mc donalds’s juga menerapkan
prosedur operasi standar (Standart Observation Checklist) yang dimana semuanya
makanan yang dijual harus memiliki standar yang sama. Mc donald’s juga membuka
Hamburger University pada tahun 1961 digunakan untuk pelatihan orang yang akan
menjadi waralaba Mc donald’s.
Mc
donald’s di Indonesia pertama kali tahun 1991. Indonesia adalah negara yang ke
70 yang memakai waralaba Mc donald’s. Pemiliki Mc donald’s di Indonesia adalah
H. Bambang N. Rahcmadi Msc MBA. Pemiliki Mc donald’s mengikuti training
selama 1 tahun dan restoran Mc donald’s pertama kali didirikan di Sarinah
Jakarta. Perkembangan yang sangat cepat. Saat ini Mc donald’s memiliki 109
restoran di seluruh Indonesia.
SejarahMc Donald Di Indonesia
Bisnis
perusahaan ini dimulai pada tahun 1940 dengan dibukanya sebuah restoran oleh
Dick dan Mac mcDonald, di San Bernardino, California. Mereka memperkenalkan
“Speedee Service System” pada tahun 1984, yang kemudian menjadi prinsip dasar
restoran siap-saji modern. Maskot awal McDonald’s, yang bernama Speedee, adalah
seorang pria dengan kepala berbentuk hanburger yang menggunakan topi koki.
Speese kemudian digantikan oleh Ronald McDonald
pada tahun
1963. Namun restoran McDonald’s hadir di Indonesia pada tahun 1991 dan
merupakan
negara ke-70 dari McDonald’s seluruh dunia. H. Bambang N. Rahcmadi Msc. MBA
adalah warga negara Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan hak master
franchise dari mcdonald’s Corporation dengan mengelahkan 13.000 pesaing.
Sampai sekarang beliau bertindak sebagai President Direktur McDonald's
Indonesia. Sebelummembukarestorannya yang pertama di Sarinah-Jakarta, H.
Bambang RahcmadiMsc MBA diwajibkan mengikuti training selama 1 tahun di
Australia, AmerikaSerikat, Malaysia danSingapura. Dalam masa training tesebut beliau
melakukansemua pekerjaan di restoran McDonald's dari yang paling sederhana termasuk
membersihkan toilet sampai ketingkat manajerial, kemudian menerapkan semuanya
di Indonesia. Tepat pada 22 Februari 1991, restoran McDonald's di
SarinahThamrin Jakarta beroperasi dengan mempekerjakan 460 crew dan 26
manajer. Perkembangan McDonald's Indonesia dalam 10tahun ini dinilai sangatcepat.Sampai
saat ini restoran McDonald's Indonesia telah berjumlah 250 restoran dengan jumlah
karyawan seluruhnya mencapai sekitar lebih dari 15.000 orang sebagian besar
lulusan SLTA.
.
VISI, MISI DAN TUJUAN PERUSAHAAN
Visi Perusahaan
Visi
dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's
Indonesia
adalah to be the world’s best quick service restaurant experience (Menjadi
restoran
cepat saji yang paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di
seluruh
dunia).
McDonald's
menjadi terbaik dalam artian :
a.
Untuk McDonald's
Menjadi
terbaik berarti menjadikan “The Golden Arches” dipercaya dan dihargai di
seluruh
dunia.
b.
Untuk Pelanggan
Menjadi
terbaik berarti melayani pelanggan sesuai dengan QSC&V dan pelanggan
dapat
menikmati produk McDonald's yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap
kunjungan
mereka di seluruh McDonald's dan McDonald's dapat membuat pelanggan
tersenyum.
c.
Untuk Komunitas Di Sekitar McDonald's
Menjadi
terbaik berarti membuat mereka bangga atas keberadaan McDonald's di
lingkungan
mereka karena McDonald's merupakan perusahaan yang memiliki tingkat sosial dan
tanggung jawab yang tinggi. Dunia menjadi tempat yang lebih baik karena
keberadaan
McDonald's.
d.
Untuk Pemilik
Menjadi
terbaik berarti memberikan peluang untuk mencapai kesuksesan dan
mengembangkan
modal sebagai pemilik dari bisnis ini dan menjadi rekan kerja yang
memiliki
kolaborasi kerjasama yang baik.
e.
Untuk Karyawan
Menjadi
terbaik berarti memberikan peluang, kompensasi kerja yang baik,
pengembangan
dan pelatihan kerja, dan pekerjaan yang berarti bagi seluruh
karyawan.
f.
Untuk Suppliers
Menjadi
terbaik berarti investasi mereka akan berkembang menjadi bisnis yang
profitable
bersama McDonald's dan akan menjadi patner terbaik dalam bisnis ini.
g.
Untuk Pemegang Saham
Menjadi
terbaik berarti berkembang dengan keuntungan yang paling baik dan paling
besar
pada industri ini.
h.
Untuk Alliance Partners
Menjadi
terbaik berarti bahwa McDonald's bekerja sama dengan organisasi yang
bagus
dan dikenal di dunia, seperti Coca Cola, Disney dan The Olympics dalam
rangka
menjalin kerjasama, memperluas kerjasama, dan mempertahankan
kepemimpinan
McDonald's.
2. Misi Perusahaan
Misi
dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia
adalah
“Memahami tentang misi kami dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan
pada
restoran McDonald's”.
3. Tujuan Perusahaan
Tujuan
dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia
adalah
:
a.
Suatu sistem yang mampu menyediakan jasa makanan di dunia dengan lebih dari
50.000
restoran. b. Brand McDonald's menyentuh siapa saja, kapan saja, dan di mana
saja saat kita
melakukan
bisnis.
c.
McDonald's sebagai tempat bekerja yang terbaik untuk setiap orang yang ada di
seluruh
dunia.
d.
Restoran dimana setiap pelanggan tersenyum dan merasa spesial.
e.
Makanan yang paling baik di kelasnya dengan penyajian yang istimewa dan menu
makanan
yang beragam.
f.
Organisasi yang memiliki hubungan kerja yang baik dan kuat antara pemilik,
pemasok
barang, dan perusahaan.
g.
Brand yang sukses dan memberikan kontribusi pada pemilik, pemasok barang
dan
perusahaan
Mcd memiliki beberapa kegiatan ,
baik itu kegiatan amal maupun kegiatan sosial lainnya. Akan tetapi yang
terpenting adalah bagaimana kita mengetahui kegiatan produksi dari McD itu
sendiri. Dalam menciptakan produknya maka McD juga akan memilih kualitas produk
yang terbaik bagi konsumennya . Maka disini kita akan melihat bagaimana cara
McD menyimpang , memproses dan mengemas bahan baku itu menjadi produk yang
berkualitas . Bahan baku yang di dapat McD adalah bahan baku yang dikirim oleh
supplier yang tentunya sudah terpercaya dan berkualitas. Supplier akan
mengirimkan bahan baku kepada McD . Disini kami akan mengambil contoh McD di
Indonesia.
Setelah sampai di McD bahan baku
dari supplier disimpan di lemari pendingin. Bahan baku
ini siap digunakan untuk produksi
produk yang diinginkan oleh konsumen.
Lemari pendingin ini ada dua
macam :
a. Area Sundemix
Area ini bersuhu lebih kurang
20ÂşC, area ini digunakan untuk
menyimpan bahan-bahan seperti daging
ayam, telur, mentega, bahan
eskrim dan bahan yang tidak tidak
boleh di bekukan.
b. Area Frizer
Area ini bersuhu minus 10ÂşC, area
ini digunakan untuk menyimpang bahan-bahan yang membutuhkan pembekuan seperti
petis untuk burger dan frind frize, semua bahan di area ini di simpan dalam
bentuk frozen.Sistem inventory yang digunakan adalah sistem Bill to. Sistem ini
merupakan persedian yang terkait dengan project sales. Bill to didasarkan atas
data
record dan dibantu dengan
komputer. McD mempunyai kebijakan apabila ada produk
yang tidak laku maka produk
tersebut dibuang. Jumlah produk yang
dibuang diusahakan tidak melebihi
40% dari penjualan. Apabila ada produk yang
tidak laku maka produk tersebut
harus dimusnahkan dan tidak boleh dibawa pulang oleh k
aryawan McD.
Jika terjadi kekurangan
persediaan maka McD tersebut akan meminta supplai bahan baku
dari McD lainnya . Akan tetapi
jika masih saja kekurangan bahan baku dan McD lainnya tidak mampu mensuplai
bahan baku maka produk yang terkait
dengan bahan baku tersebut dikosongkan atau tidak diproduksi.
Selanjutnya untuk menjaga
kualitas produk, McD sudah menerapkan
beberapa standar seperti minyak
yang digunakan untuk penggorengan harus
minyak yang masih sehat, jika
minyak tersebut sudah tidak sehat maka harus di
masukan ke mesin filter untuk di
bersihkan lagi. Selain itu ada alat khusus yang
digunakan untuk menentukan
masakan itu sudah siap saji atau belum agar semua
rasa makanan di sana tetap sama
dan fress. Sedangkan untuk pemakaian detergen
atau pembersih, baik pembersih
lantai atau pembersih lainnya menggunakan
strandar pembersih dari McD pusat
yang berada di Jakarta.
Sedangkan untuk masakan yang
masih dianggap fress adalah masakan
yang tidak lebih dari 80 menit
setelah proses pemasakan, jika ada masakan yang
melebihi waktu tersebut maka,
masakan tersebut akan dibuang.
Produk Mc.Donal
a. Burger
Burger, yaitu sejenis
makanan berupa roti berbentuk bundar yang
Diiris dua dan ditengahnya diisi
dengan patty yang
Biasanya diambil dari daging ayam
maupun daging sapi, kemudian sayur –
sayuran berupa selada, tomat dan
bawang bombay. Sebagai sausnya, burger
diberi jenis saus seperti
mayones, saus tomat dan sambal serta mustard.
Jenis-jenis Burger, yaitu :
Beef Burger
Spicy Chicken Burger
Double Beef Burger
b. Big Mac Burger
Fillet O Fish
c. PaketNasi, yaitu merupakan
paket khusus yang dibuat oleh McDonald’s
Indonesia, sesuai dengan
kebiasaan masyarakat Indonesia yang
Mengkonsumsinasi sebagaima
makanan pokok.
PaNas (Rice, 1 Pcs Chicken,
Medium Drink)
PaNasSpesial (Rice, 1 Pcs
Chicken, Egg, Medium Drink)
PaNasKomplit (Rice, 1 Pcs
Chicken, Egg, Soup, Medium Drink).
d. French Fries dengan 4
ukuran, yaitu : Regular, Medium, Large, Super Size
e. Hot and Cold Drinks
f. Es cream
Pada McDonald’s ini terdapat 2
menu yang ditawarkan, yaitu menu
Breakfast dan Menu
Reguler.Dimana, menu Breakfast adalah menu keluarga yang
Dalam satu paket berisi nasi,
ayam dan minuman (tidakada burger).Sedangkan menu
Regular terdapat burger.Untuk
waktunya, menu Breakfast ditawarkan dari jam 5
pagi – jam 11 siang. Dan menu
reguler dari jam 11 siang – jam 5 sore. Jadi,
jika kita pergi ke McDonald’s
pada pagi hari untuk membeli burger, maka produk yang
kita pesan tidak tersedia. Namun
tidak semua McDonald di malang ada menu
Breakfast karena menu tersebut
juga disesuaikan dengan jam kerja McDonald itu
sendiri.
Disini
kami juga akan memperlihatkan salah satu contoh pembuatan daging burger untuk
McD di Rusia .
Inilah
Proses pembuatan daging burger untuk McDonald's di Rusia
Brankas benda pegawai
Sebelum
masuk, semua pegawai harus melepas kalung, anting, jam tangan, dan menaruhnya
di brankas.
Ruang Produksi
Mereka
mempunyai dua ruang produksi yang tidak bergitu besar. satu untuk daging russia
segar, satu untuk daging asing yang dibekukan
Daging yang dibekukan
daging asli Rusia tidak begitu
berlemak (lemak 8%), oleh karena itu mereka harus mencampur dengan daging luar
negeri agar mendapat lemak 20%
Pencampuran Daging
Daging
dicampur dengan perbandingan 50/50
Wadah Khusus
Daging
tersebut digiling dan ditaruh di wadah khusus
Kontrol Suhu
Karena
Keamanan dan Qualitas yang diutamakan, maka suhu daging tidak boleh terlalu
tinggi, mereka mengontrolnya dengan alat khusus
Mesin Pembuat Beef
Mesin
pembentuk membuat 2 tipe beef, dengan ketebalan yang berbeda
Potongan Beef
Dan inilah
potongan beef untuk seluruh Rusia !
70 Ton
Setiap hari
mereka memproduksi 1.000.000 potong beef( sekitar 70 Ton )!
Tebal dan Tipis
Tebal dan Tipis
Proses
Produksi Cukup Bising Sehingga Mereka Harus Memakai Alat yang Aneh Seperti itu
Ruang Pengepakan
Laboratorium
Masih Memeriksa Kembali untuk Mengecek kualitas daging
Disini
juga akan memberitahu bagaimana proses pembuatan kentang goreng McD di Kanada .
Kategori
Food Proses Pembuatan Kentang Goreng di McDonald'sKentang Goreng McDonald's
mengungkapkan rahasianya bagaimana proses pembuatan kentang gorengnya yang
terkenal di seluruh dunia. Scott Gibson yang merupakan pegawai McDonald’s
Kanada menjelaskan tahapan dari produksi kentang goreng tersebut. Pertama,
kentang dipanen dan disortir di Family Farms Levesque, satu-satunya pemasok
kentang McDonald di Kanada. Kentang yang lolos seleksi dikirim ke pabrik
pengolahan. Di pabrik pengolahan, kentang dicuci untuk menghilangkan kotoran
yang menempel, kemudian dikupas dan dipotong sesuai ukuran standar. Bahan kimia
ditambahkan untuk memastikan warna kentang tidak berubah selama proses
pengolahan. Setelah kering, kentang digoreng dengan seratus persen minyak
nabati.
Laporan Keuangan :
Kesimpulan :
Jadi franchise (McD) akan
memberikan keuntungan bagi pemilik nama perusahaan/ pemilik McD tersebut dari
pemasukan royalty yang diberikan oleh setiap pewaralaba di setiap negara yang
menggunakan nama franchise tersebut .
Akan tetapi dibalik itu
semua ada dampak negatif dan positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia .
Dampak Positifnya :
· terbukanya pasar internasional
· meningkatkan kesempatan kerja
· meningkatkan devisa negara
· meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan
nasional bangsa.
Dampak Negatifnya :
· hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri
· berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa
Indonesia
· Masyarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas
diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya
barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat.
·
mematikan usaha dari pedagang kecil yang kalah bersaing.
Referensi :
Katarina Christayani
Setiamurti (24213780)
Krisnaldi (24213870)
Bismar Abner Samosir
(21217760)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar