Jumat, 22 November 2013

TUGAS 6

Mc.Donald 



Latar Belakang Berdirinya Mc donalds

Mc donald’s pertama kali didirikan pada tahun 1937 oleh Richard & Maurice di Pasadena. Pertama kalinya restoran Mc donald’s masih memakai konsep Drive In, konsep ini terkenal pada saat itu. Mc donald’s memiliki logo yang berbentuk huruf M dan berwarna kuning. Logo ini dibuat agar lebih diingat oleh pengunjung dikarenakan simple dan mudah diingat. Logo ini bernama The Golden Arch. Banyakya kesulitan yang dihadapi saat memiliki konsep drive in maka pada tahun 1955, inilah tahun pertama Mc donald’s menggunakan konsep Fast Food.
Restoran ini menerapkan sistem waralaba dimana sudah memiliki perjanjian-perjanjian yang mendetail dan didistribusikan penjualannya secara langsung, jadi setiap toko memiliki produk yang dijual sama. Selain itu Mc donalds’s juga menerapkan prosedur operasi standar (Standart Observation Checklist) yang dimana semuanya makanan yang dijual harus memiliki standar yang sama. Mc donald’s juga membuka Hamburger University pada tahun 1961 digunakan untuk pelatihan orang yang akan menjadi waralaba Mc donald’s.
Mc donald’s di Indonesia pertama kali tahun 1991. Indonesia adalah negara yang ke 70 yang memakai waralaba Mc donald’s. Pemiliki Mc donald’s di Indonesia adalah H. Bambang N. Rahcmadi Msc MBA.  Pemiliki Mc donald’s mengikuti training selama 1 tahun dan restoran Mc donald’s pertama kali didirikan di Sarinah Jakarta. Perkembangan yang sangat cepat. Saat ini Mc donald’s memiliki 109 restoran di seluruh Indonesia.

SejarahMc Donald Di Indonesia
Bisnis perusahaan ini dimulai pada tahun 1940 dengan dibukanya sebuah restoran oleh Dick dan Mac mcDonald, di San Bernardino, California. Mereka memperkenalkan “Speedee Service System” pada tahun 1984, yang kemudian menjadi prinsip dasar restoran siap-saji modern. Maskot awal McDonald’s, yang bernama Speedee, adalah seorang pria dengan kepala berbentuk hanburger yang menggunakan topi koki. Speese kemudian digantikan oleh Ronald McDonald
pada tahun 1963. Namun restoran McDonald’s hadir di Indonesia pada tahun 1991 dan
merupakan negara ke-70 dari McDonald’s seluruh dunia. H. Bambang N. Rahcmadi Msc. MBA adalah warga negara Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan hak master franchise dari mcdonald’s Corporation dengan mengelahkan 13.000 pesaing. Sampai sekarang beliau bertindak sebagai President Direktur McDonald's Indonesia. Sebelummembukarestorannya yang pertama di Sarinah-Jakarta, H. Bambang RahcmadiMsc MBA diwajibkan mengikuti training selama 1 tahun di Australia, AmerikaSerikat, Malaysia danSingapura. Dalam masa training tesebut beliau melakukansemua pekerjaan di restoran McDonald's dari yang paling sederhana termasuk membersihkan toilet sampai ketingkat manajerial, kemudian menerapkan semuanya di Indonesia. Tepat pada 22 Februari 1991, restoran McDonald's di SarinahThamrin Jakarta beroperasi dengan mempekerjakan 460 crew dan 26 manajer. Perkembangan McDonald's Indonesia dalam 10tahun ini dinilai sangatcepat.Sampai saat ini restoran McDonald's Indonesia telah berjumlah 250 restoran dengan jumlah karyawan seluruhnya mencapai sekitar lebih dari 15.000 orang sebagian besar lulusan SLTA.


. VISI, MISI DAN TUJUAN PERUSAHAAN 

Visi Perusahaan

Visi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's
Indonesia adalah to be the world’s best quick service restaurant experience (Menjadi
restoran cepat saji yang paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di
seluruh dunia).
McDonald's menjadi terbaik dalam artian :
a. Untuk McDonald's
Menjadi terbaik berarti menjadikan “The Golden Arches” dipercaya dan dihargai di
seluruh dunia.
b. Untuk Pelanggan
Menjadi terbaik berarti melayani pelanggan sesuai dengan QSC&V dan  pelanggan
dapat menikmati produk McDonald's yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap
kunjungan mereka di seluruh McDonald's dan McDonald's dapat membuat pelanggan
tersenyum.
c. Untuk Komunitas Di Sekitar McDonald's
Menjadi terbaik berarti membuat mereka bangga atas keberadaan McDonald's di
lingkungan mereka karena McDonald's merupakan perusahaan yang memiliki tingkat sosial dan tanggung jawab yang tinggi. Dunia menjadi tempat yang lebih baik karena
keberadaan McDonald's.
d. Untuk Pemilik
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang untuk mencapai kesuksesan dan
mengembangkan modal sebagai pemilik dari bisnis ini dan menjadi rekan kerja yang
memiliki kolaborasi kerjasama yang baik.
e. Untuk Karyawan
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang, kompensasi kerja yang baik,
pengembangan dan pelatihan kerja, dan pekerjaan yang berarti bagi seluruh
karyawan.
f. Untuk Suppliers
Menjadi terbaik berarti investasi mereka akan berkembang menjadi bisnis yang
profitable bersama McDonald's dan akan menjadi patner terbaik dalam bisnis ini.
g. Untuk Pemegang Saham
Menjadi terbaik berarti berkembang dengan keuntungan yang paling baik dan paling
besar pada industri ini.
h. Untuk Alliance Partners
Menjadi terbaik berarti bahwa McDonald's bekerja sama dengan organisasi yang
bagus dan dikenal di dunia, seperti Coca Cola, Disney dan The Olympics dalam
rangka menjalin kerjasama, memperluas kerjasama, dan mempertahankan
kepemimpinan McDonald's.

2. Misi Perusahaan
Misi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia
adalah “Memahami tentang misi kami dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan
pada restoran McDonald's”.

3. Tujuan Perusahaan
Tujuan dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia
adalah :
a. Suatu sistem yang mampu menyediakan jasa makanan di dunia dengan lebih dari
50.000 restoran. b. Brand McDonald's menyentuh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja saat kita
melakukan bisnis.
c. McDonald's sebagai tempat bekerja yang terbaik untuk setiap orang yang ada di
seluruh dunia.
d. Restoran dimana setiap pelanggan tersenyum dan merasa spesial.
e. Makanan yang paling baik di kelasnya dengan penyajian yang istimewa dan menu
makanan yang beragam.
f. Organisasi yang memiliki hubungan kerja yang baik dan kuat antara pemilik,
pemasok barang, dan perusahaan.
g. Brand yang sukses dan memberikan kontribusi pada pemilik, pemasok barang  dan
perusahaan






Mcd memiliki beberapa kegiatan , baik itu kegiatan amal maupun kegiatan sosial lainnya. Akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita mengetahui kegiatan produksi dari McD itu sendiri. Dalam menciptakan produknya maka McD juga akan memilih kualitas produk yang terbaik bagi konsumennya . Maka disini kita akan melihat bagaimana cara McD menyimpang , memproses dan mengemas bahan baku itu menjadi produk yang berkualitas . Bahan baku yang di dapat McD adalah bahan baku yang dikirim oleh supplier yang tentunya sudah terpercaya dan berkualitas. Supplier akan mengirimkan bahan baku kepada McD . Disini kami akan mengambil contoh McD di Indonesia.
Setelah sampai di McD bahan baku dari supplier disimpan di lemari pendingin. Bahan baku
ini siap digunakan untuk produksi produk yang diinginkan oleh konsumen.
Lemari pendingin ini ada dua macam :
a. Area Sundemix
Area ini bersuhu lebih kurang 20ÂşC, area ini digunakan untuk
menyimpan bahan-bahan seperti daging ayam, telur, mentega, bahan
eskrim dan bahan yang tidak tidak boleh di bekukan.

b. Area Frizer
Area ini bersuhu minus 10ÂşC, area ini digunakan untuk menyimpang bahan-bahan yang membutuhkan pembekuan seperti petis untuk burger dan frind frize, semua bahan di area ini di simpan dalam bentuk frozen.Sistem inventory yang digunakan adalah sistem Bill to. Sistem ini merupakan persedian yang terkait dengan project sales. Bill to didasarkan atas data
record dan dibantu dengan komputer. McD mempunyai kebijakan apabila ada produk
yang tidak laku maka produk tersebut dibuang. Jumlah produk yang
dibuang diusahakan tidak melebihi 40% dari penjualan. Apabila ada produk yang
tidak laku maka produk tersebut harus dimusnahkan dan tidak boleh dibawa pulang oleh k
aryawan McD.
Jika terjadi kekurangan persediaan maka McD tersebut akan meminta supplai bahan baku
dari McD lainnya . Akan tetapi jika masih saja kekurangan bahan baku dan McD lainnya tidak mampu mensuplai bahan baku maka  produk yang terkait dengan bahan baku tersebut dikosongkan atau tidak diproduksi.
Selanjutnya untuk menjaga kualitas produk, McD sudah menerapkan
beberapa standar seperti minyak yang digunakan untuk penggorengan harus
minyak yang masih sehat, jika minyak tersebut sudah tidak sehat maka harus di
masukan ke mesin filter untuk di bersihkan lagi. Selain itu ada alat khusus yang
digunakan untuk menentukan masakan itu sudah siap saji atau belum agar semua
rasa makanan di sana tetap sama dan fress. Sedangkan untuk pemakaian detergen
atau pembersih, baik pembersih lantai atau pembersih lainnya menggunakan
strandar pembersih dari McD pusat yang berada di Jakarta.
Sedangkan untuk masakan yang masih dianggap fress adalah masakan
yang tidak lebih dari 80 menit setelah proses pemasakan, jika ada masakan yang
melebihi waktu tersebut maka, masakan tersebut akan dibuang.

Produk Mc.Donal
a. Burger
Burger, yaitu sejenis makanan berupa roti berbentuk bundar yang
Diiris dua dan ditengahnya diisi dengan patty yang
Biasanya diambil dari daging ayam maupun daging sapi, kemudian sayur –
sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay. Sebagai sausnya, burger
diberi jenis saus seperti mayones, saus tomat dan sambal serta mustard.

Jenis-jenis Burger, yaitu :
 Beef Burger
 Spicy Chicken Burger
 Double Beef Burger
b. Big Mac Burger
 Fillet O Fish
c. PaketNasi, yaitu merupakan paket khusus yang dibuat oleh McDonald’s
Indonesia, sesuai dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang
Mengkonsumsinasi sebagaima makanan pokok.
 PaNas (Rice, 1 Pcs Chicken, Medium Drink)
 PaNasSpesial (Rice, 1 Pcs Chicken, Egg, Medium Drink)
 PaNasKomplit (Rice, 1 Pcs Chicken, Egg, Soup, Medium Drink).
d. French Fries dengan 4 ukuran, yaitu : Regular, Medium, Large, Super Size
e. Hot and Cold Drinks
f. Es cream
Pada McDonald’s ini terdapat 2 menu yang ditawarkan, yaitu menu
Breakfast dan Menu Reguler.Dimana, menu Breakfast adalah menu keluarga yang
Dalam satu paket berisi nasi, ayam dan minuman (tidakada burger).Sedangkan menu
Regular terdapat burger.Untuk waktunya, menu Breakfast ditawarkan dari jam 5
pagi – jam 11 siang. Dan menu reguler dari jam 11 siang – jam 5 sore. Jadi,
jika kita pergi ke McDonald’s pada pagi hari untuk membeli burger, maka produk yang
kita pesan tidak tersedia. Namun tidak semua McDonald di malang ada menu
Breakfast karena menu tersebut juga disesuaikan dengan jam kerja McDonald itu
sendiri.

Disini kami juga akan memperlihatkan salah satu contoh pembuatan daging burger untuk McD di Rusia .
Inilah Proses pembuatan daging burger untuk McDonald's di Rusia


Brankas benda pegawai
Sebelum masuk, semua pegawai harus melepas kalung, anting, jam tangan, dan menaruhnya di brankas.
Ruang Produksi
Mereka mempunyai dua ruang produksi yang tidak bergitu besar. satu untuk daging russia segar, satu untuk daging asing yang dibekukan

Daging yang dibekukan
daging asli Rusia tidak begitu berlemak (lemak 8%), oleh karena itu mereka harus mencampur dengan daging luar negeri agar mendapat lemak 20%
Pencampuran Daging
Daging dicampur dengan perbandingan 50/50
Wadah Khusus
Daging tersebut digiling dan ditaruh di wadah khusus


Kontrol Suhu
Karena Keamanan dan Qualitas yang diutamakan, maka suhu daging tidak boleh terlalu tinggi, mereka mengontrolnya dengan alat khusus


Mesin Pembuat Beef
Mesin pembentuk membuat 2 tipe beef, dengan ketebalan yang berbeda

Potongan Beef
Dan inilah potongan beef untuk seluruh Rusia !

70 Ton
Setiap hari mereka memproduksi 1.000.000 potong beef( sekitar 70 Ton )!

Tebal dan Tipis
Tebal dan Tipis

Proses Produksi Cukup Bising Sehingga Mereka Harus Memakai Alat yang Aneh Seperti itu

Ruang Pengepakan


Laboratorium Masih Memeriksa Kembali untuk Mengecek kualitas daging

Disini juga akan memberitahu bagaimana proses pembuatan kentang goreng McD di Kanada . Kategori Food Proses Pembuatan Kentang Goreng di McDonald'sKentang Goreng McDonald's mengungkapkan rahasianya bagaimana proses pembuatan kentang gorengnya yang terkenal di seluruh dunia. Scott Gibson yang merupakan pegawai McDonald’s Kanada menjelaskan tahapan dari produksi kentang goreng tersebut. Pertama, kentang dipanen dan disortir di Family Farms Levesque, satu-satunya pemasok kentang McDonald di Kanada. Kentang yang lolos seleksi dikirim ke pabrik pengolahan. Di pabrik pengolahan, kentang dicuci untuk menghilangkan kotoran yang menempel, kemudian dikupas dan dipotong sesuai ukuran standar. Bahan kimia ditambahkan untuk memastikan warna kentang tidak berubah selama proses pengolahan. Setelah kering, kentang digoreng dengan seratus persen minyak nabati.

Laporan Keuangan :
 



Kesimpulan :
Jadi franchise (McD) akan memberikan keuntungan bagi pemilik nama perusahaan/ pemilik McD tersebut dari pemasukan royalty yang diberikan oleh setiap pewaralaba di setiap negara yang menggunakan nama franchise tersebut .

Akan tetapi dibalik itu semua ada dampak negatif dan positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia .
Dampak Positifnya :
·         terbukanya pasar internasional
·         meningkatkan kesempatan kerja  
·         meningkatkan devisa negara
·          meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa.
Dampak Negatifnya :
 ·         hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri
·         berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia
·         Masyarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat.
·         mematikan usaha dari pedagang kecil yang kalah bersaing.



Referensi :

Katarina Christayani Setiamurti (24213780)
Krisnaldi (24213870)
Bismar Abner Samosir (21217760)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Standar Audit dan Akuntansi Global

BAB I PENDAHULUAN A.      Latar  Belakang           Upaya harmonisasi akuntansi di seluruh dunia sebenarnya dimulai sebelum adan...